Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Tiba di Magetan

Jadi Titik Ketujuh, Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Tiba di Magetan

Beritatrends, Magetan – Hari Jadi ke 78 Provinsi Jawa Timur kurang dua minggu lagi. Kirab Pataka (Pasukan Pembawa Tanda Kebesaran) Jer Basuki Mawa Beya menjadi awal dimulainya rangkaian peringatan.

Kirab pataka dilakukan dengan membawa bendera secara estafet ke seluruh penjuru Jatim, menempuh jarak kurang lebih 2001 kilometer dari Gedung Negara Grahadi dan akan kembali ke Pemprov pada 11 Oktober mendatang.

Sementara Magetan menjadi titik ketujuh Kirab Pataka dan telah tiba di Pendopo Surya Graha Magetan, Jumat (29/09/2023) siang.

Pataka sebelumnya berada di Kabupaten Ngawi dan dikirab menuju Magetan. Disambut Reog Ponorogo, Pataka lalu diserahterimakan ke pasukan Satpol PP, Damkar dan Linmas Magetan.

Dalam kirab tersebut, Pataka membawa bendera Merah Putih, bendera lambang Praja Wibawa, bendera lambang Yudha Brama Jaya, bendera lambang Perlindungan Masyarakat, dan bendera dengan logo Jatim Bangkit.

Pj Bupati Magetan Hergunadi mengatakan, kirab pataka menjadi simbol sinergi antar daerah di Jawa Timur.

“Melalui kirab, sinergi antar kabupaten/kota akan semakin menguatkan posisi Jawa Timur sebagai salah satu penggerak perekonomian Indonesia,” terangnya.

Pihaknya berharap, dengan adanya kirab ini akan mengarah kepada kemakmuran, keberhasilan, persatuan dan kesatuan mewujudkan Jatim bangkit.

“Kita berharap ini menambah semangat masyarakat di setiap kabupaten untuk lebih giat mendukung pertumbuhan ekonomi pasca Covid-19, karena Jawa Timur ini kan juga salah satu barometer pendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia,” jelas Hergunadi.

Pataka akan menginap selama semalam di Pendopo Surya Graha untuk selanjutnya dikirab ke Kabupaten Madiun pada Sabtu (30/09/2023) besok.

Baca Juga  Ketua Brigsus DPP PKN Pusat, Edi Suranta Gurusinga Berikan Bantuan Kepada Korban Longsor di Sibolangit 

Pos terkait