Launching Puskesmas Baru Lembeyan, Bupati : Akan Berkembang Menjadi RS Tipe D

Puskesmas Baru Lembeyan, Bupati : Akan Berkembang Menjadi RS Tipe D

Beritatrends, Magetan – Bupati Magetan secara resmi telah me-launching fasilitas kesehatan baru di daerah ujung wetan Kabupaten Magetan, yakni Puskesmas Baru Lembeyan, pada Jumat (20/1/2023). Puskesmas tersebut ke depan akan dikembangkan menjadi Rumah Sakit Tipe D.

Adanya Puskemas baru di Lembeyan merupakan bentuk komitmen bersama dalam rangka melayani kesehatan masyarakat Magetan, khususnya yang ada di Kecamatan Lembeyan dan sekitarnya.

“Hari ini kita menjadi saksi berdirinya Puskesmas Lembeyan yang baru, dan nanti akan berkembang menjadi Rumah Sakit Tipe D,” ujar Bupati Suprawoto.

Bangunan dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tersebut saat ini masih terus akan dikembangkan hingga tahun depan.

“Tahun ini dibangun lagi di bawah, nanti insya allah tahun depan selesai. Tinggal sarana dan prasarana dilengkapi, sehingga masyarakat Magetan kesehatannya akan terlayani dengan baik,” kata Bupati.

Meski begitu, puskesmas tersebut telah siap untuk melayani masyarakat yang membutuhkan fasilitas kesehatan, sepeti UGD, layanan rawat inap, dan persalinan. Namun terkait administrasi dan pelayanan rawat jalan, masih berada di Puskesmas Lembeyan yang lama.

Kepala Dinas Kesehatan Magetan, dr. Rohmat Hidayat, menyebutkan bahwa Puskesmas Lembeyan telah memiliki total 12-15 bed/ranjang untuk menampung pasien.

“Kalau ruangan cukup tersedia banyak, nanti juga bisa dikembangkan untuk menyediakan hingga 20-30 bed,” tambahnya.

 

Sejalan dengan Bupati, Kadinkes Magetan juga berharap agar puskesmas tersebut kelak dapat menjadi RS Tipe D.

“Nanti rumah sakitnya disini, puskesmas tetap disana (Puskesmas Lembeyan lama). Karena setiap wilayah tetap harus ada Puskesmas, tidak boleh dihilangkan,” tuturnya.

Demikian halnya dengan RSUD dr. Sayidiman, ke depan juga dapat ditingkatkan menjadi rumah sakit Tipe B. Dengan harapan semakin banyaknya fasilitas kesehatan yang mumpuni di Magetan, maka masyarakat tidak perlu jauh-jauh ke luar kota ketika memerlukan penangan khusus untuk kesehatannya.

Pos terkait