Parade Kirab Sedaya

Peserta Peserta Parade Kirab Sedaya.

Beritatrends, Magetan – Masih dalam rangkaian peringatan hari jadi ke-347 Kabupaten Magetan, Pemkab Magetan mengelar Kirab Sedaya atau Kirab Seni dan Budaya Kabupaten Magetan tahun 2022.

Pemberangkatan peserta kirab dilakukan oleh Suprawoto Bupati Magetan langsung di depan Pendapa Surya Graha Magetan, Jumat (14/10/2022) siang.

Peserta yang terdiri dari pelajar SD, MI, SMP, SMA/SMK dan pelajar lingkungan Kemenag, ASN Pemkab, pengiat seni (Tongkling), Drumband SMK 3 Maospati dan barisan tim medis/PMI.

Selain itu juga ada dari komunitas IPSI, Pramuka, Bank Sampah, Pegiat Lingkungan (PWM), Abdi dalem Jogjakarta dan Surakarta, Harpi Melati, dan DPC Natalia.

Dengan total peserta kurang lebih berjumlah 1.675 peserta sesuao tahun lahir kabupaten Magetan.

Bupati Suprawoto mengatakan, kirab Sedaya ini merupakan bentuk syukur masyarakat khususnya Magetan bahwa kita beranekaragam.

“Barisan kirab yang berbeda beda dari berbagai elemen adalah sebagai simbol keanekaragaman bangsa Indonesia, yang menciptakan persatuan dan kesatuan,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, kirab sedaya baru kali ini digelar, dahulu kirabnya dengan nama berbeda.”Dulu juga ada kirab-kirab yang lain. memang setiap tahun mencoba untuk berbeda, sedaya ini artinya mengikuti seluruh nya.” pungkas Suprawoto.

Kirab Sedaya ini dilakukan mulai dari depan Pendapa Surya Graha (Selatan Alun-alun), ke utara arah Pasar Baru Magetan, dilanjutkan kearah timur melalui jalan Pahlawan dan berakhir di halaman Gor Ki Mageti.

Baca Juga  1.500 Pohon Ditanam di Embung Pendem Magetan

Pos terkait