Peringatan Hari Santri 2022, Bupati Madiun Ingatkan Santri Harus Miliki Karakter Berakhlak dan Beretika

JADI INSPEKTUR–Bupati Ahmad Dawami menjadi inspektur upacara peringatan Hari Santri Nasional 2022 di Alun-alun Reksogati Caruban, Kabupaten Madiun, Sabtu (22/10/2022).

Beritatrends, Madiun-Bupati Madiun Ahmad Dawami mengingatkan santri di Kabupaten Madiun  harus memiliki karakter yang berakhlak dan beretika.

Pasalnya santri di pondok pesantren tidak hanya diajarkan agama dan spiritual saja.

Namun juga dididik etika dan akhlak yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
“Santri itu diajarkan tidak hanya tentang agama dan spritual. Tetapi mereka juga diajarkan tentang etika dan akhlak yang nantinya bisa diimplementasikan dalam kehidupannya sehari-hari,” ujar Bupati Ahmad Dawami dalam kegiatan upacara peringatan Hari Santri Nasional 2022 di Alun-alun Reksogati Caruban, Kabupaten Madiun, Sabtu (22/10/2022).

Pria yang akrab disapa Kaji Mbing ini menyatakan saat di pesantren para santri juga selalu diajarkan tentang nilai-nilai toleransi yang hal tersebut saat ini menjadi sangat berharga. Dengan demikian apabila semuanya menjiwai apa yang diajarkan oleh para kiai dan ulama tentunya kedamaian itu tidak sulit untuk hadir.

“Kami terus berusaha baik di dalam pondok maupun di luar pondok. Pemahaman dan persamaan persepsi itu dilakukan sampai tingkat desa di Kabupaten Madiun,” kata Kaji Mbing.

Orang nomer satu di Pemkab Madiub itu pun bangga terhadap santri-santri yang sementara mengenyam pendidikan di Kampung Pesilat Indonesia Kabupaten Madiun.

“Saya bangga terhadap para santri. Mereka itu sangat keren semuanya. Dan bisa menjadi pilar pembangunan daerah,” ujar Kaji Mbing.

BERSAMA SANTRI–Bupati Ahmad Dawami berfoto dengan para santri setelah menjadi inspektur upacara peringatan Hari Santri Nasional 2022 di Alun-alun Reksogati Caruban, Kabupaten Madiun, Sabtu (22/10/2022).

Peringatan Hari Santri Nasional 2022 mengangkat tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan” . Pesan hari santri kali ini yang berarti memberi pesan bahwa santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia.

Baca Juga  Dandim Ponorogo Bacakan Amanat Panglima TNI Pada Upacara HUT Ke- 77 TNI Tahun 2022

Upacara peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022 di Kabupaten Madiun diikuti ribuan santri dari berbagai pondok pesantren setempat.

Selain ribuan santri, upacara peringatan hari santri dihadiri oleh anggota Forkopimda Kabupaten Madiun, pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Madiun.Tak hanya itu, pejabat lingkup Pemkab Madiun, ketua ormas keagamaan seperti MUI, BAZNAS, BWI, DMI, FKUB, NU dan Muhammadiyah.

 

Pos terkait