Peringatan Harkopnas Ke-76, Dinkopum Magetan Launching Klinik Koperasi

Bupati Magetan saat memberangkatkan peserta jalan santai usai melaunching Klinik Koperasi.

Beritatrends, Magetan – Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-76 di Kabupaten Magetan telah sampai di penghujung acara.

Setelah berbagai rangkaian kegiatan seperti donor darah, bakti sosial, dan sarasehan, kini Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Dinkopum) Magetan memeriahkannya dengan melaunching inovasi Klinik Koperasi bersamaan dengan jalan sehat di Gor Ki Mageti, Minggu (30/07/2023) pagi.

Bupati Magetan Suprawoto menjelaskan, klinik koperasi adalah sistem atau metode pembinaan yang terintegrasi melalui media linktree https://linktr.ee/Klinikkoperasimagetan yang didalamnya terdapat 4 aspek pembinaan yakni aspek kelembagaan, aspek penilaian kesehatan, aspek peraturan perundang-undangan, serta usul dan saran.

“Lahirnya klinik koperasi adalah sebagai jawaban atas permasalahan koperasi yang ada di Magetan saat ini, seperti tingginya presentase koperasi yang tidak aktif dan tidak sehat, kompleksitas permasalahan koperasi yang belum semua ditindaklanjuti dengan pembinaan secara terpadu, dll,” jelasnya.

Klinik Koperasi digadang-gadang akan menjadi rumah besar bagi gerakan koperasi untuk meningkatkan kapasitas pengelola, kategori kesehatan, dan daya saing koperasi, serta mendatangkan manfaat lainnya, baik bagi dinas terkait ataupun gerakan koperasi itu sendiri.

“Dengan adanya Klinik Koperasi diharapkan semakin banyak koperasi yang sehat dan berkualitas yang dapat meningkatkan kesejahteraan anggota dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Magetan,” harap Suprawoto.

Ditambahkan Kepala Dinkopum Magetan Sukartini, Klinik Koperasi akan mempermudah layanan untuk mengayomi 586 koperasi aktif di Magetan, mengingat keterbatasan pengawas koperasi yang hanya berjumlah empat orang.

“Dengan adanya Klinik Koperasi, teman-teman tidak perlu datang berbondong-bondong tinggal mengakses linktree secara online untuk melayani pertanyaan seputar pendirian koperasi baru, pembubaran, maupun penilaian kesehatan koperasi,” tambahnya.

Di samping itu, untuk diketahui bahwa kegiatan jalan sehat diikuti kurang lebih 5000 peserta dari berbagai kalangan masyarakat, dengan menyiapkan hadiah utama sepeda motor, 2 sepeda listrik, hadiah elektronik, dan ratusan hadiah hiburan lainnya.

Baca Juga  Persiapkan Kunker Kapolda Jatim, Kapolres Ponorogo Cek Pos Pengamanan Nataru HOS Cokroaminoto

Pos terkait