Pj Bupati Tubaba Pimpin Upacara Peringatan HUT Ke-105 Damkar

Beritatrends, Tubaba – Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) Drs. M.Firsada, M.Si. memimpin jalannya upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-105 Pemadam Kebakaran (Damkar) Tahun 2024, yang berlangsung di Lapangan Upacara Pemerintah Kabupaten Setempat. Senin (04/03/2024).

Membacakan sambutan Mendagri Pj Bupati Tubaba mengatakan, tanggal 1 Maret merupakan hari bersejarah bagi petugas Damkar yang dahulu dikenal dengan sebutan brandweer, dimana sejak tahun 1919 telah memberi pelayanan pencegahan, Damkar dan penyelamatan terhadap korban kebakaran dan bencana lainnya.

Dia juga menjelaskan peran petugas Damkar hadir dengan memberikan pelayanan kebakaran kepada masyarakat merealisasikan tugas pokok dan fungsi pemadam kebakaran yang dikenal dengan panca dharma,

Disamping tugas pokok tersebut, lanjut Pj Bupati Tubaba, petugas pemadam kebakaran wajib siaga 24 jam, tidak mengenal hari libur, dan siap memadamkan kebakaran dengan motto “Pantang pulang sebelum api padam walaupun nyawa taruhannya.

“Saya berharap kepada seluruh satuan tugas pemadam kebakaran, satuan sukarela pemadam kebakaran, barisan sukarela pemadam kebakaran agar selalu siap siaga, jangan lengah, harus sigap, cepat, dan cerdas dalam menghadapi kebakaran,” kata Pj. Bupati M. Firsada saat membacakan sambutan Mendagri.

“Petugas Damkar harus selalu ingat bahwa lebih baik mencegah jangan sampai terjadi kebakaran dari pada harus memadamkan kebakaran,” tutupnya.

Seusai melaksanakan upacara tersebut, kegiatan dilanjutkan dengan stimulasi oleh petugas pemadam kebakaran dalam memadamkan api dengan perlengkapan peralatan khusus

Baca Juga  Upacara Peringatan Hari Ibu, HBN & HKSN 2021 di Pringsewu

Pos terkait