Polres Sekadau Bangun Posko Siaga dan Posko Bencana Banjir

  • Whatsapp

Tanggap Banjir, Polres Sekadau Bangun Posko Siaga dan Posko Bencana

Beritatrends, Sekadau – Bencana alam banjir telah merambah ke berbagai kawasan di Kabupaten Sekadau. Akibatnya, banyak rumah warga yang terendam air dan menimbulkan kerugian materiil yang tidak sedikit.

Banjir tidak hanya merugikan materi. Lebih dari itu, banjir menimbulkan dampak lain yang tak kalah mengkhawatirkan seperti munculnya wabah penyakit maupun kerusakan fasilitas dan infrastruktur yang ada.

Menyikapi hal tersebut, Polres Sekadau telah menyiapkan Posko siaga banjir yang dibangun di samping Keraton Kusuma Negara desa Mungguk dan di Jl. Tamtama desa Sungai Ringin, Kamis 4 November 2021.

Keberadaan Posko tersebut untuk mendukung operasional dalam percepatan penanggulangan banjir seperti proses evakuasi dan pertolongan pertama maupun sebagai kediaman sementara bagi korban banjir.

“Kami akan siagakan personel pada 2 Posko tersebut untuk mengantisipasi luapan air sungai akibat banjir susulan dan curah hujan tinggi,” kata Kapolres Sekadau AKBP K. Tri Panungko.

Dalam rangka pemetaan wilayah banjir, Kapolres Sekadau menyampaikan bahwa pihaknya akan terus melakukan patroli ke sejumlah kawasan untuk mengetahui perkembangan terbaru akibat banjir.

“Dalam penanganan banjir, Kepolisian akan bekerjasama dengan stakeholder terkait karena banjir turut berdampak pada kesehatan, perbaikan fasilitas dan bantuan sosial,” ungkap Kapolres Sekadau.

Selain itu, Polres Sekadau juga menyiapkan Posko bencana yang letaknya berdampingan dengan Pos Lantas. Adapun fungsinya sebagai tempat tinggal sementara bagi warga terdampak banjir.

“Pastikan rumah dalam keadaan terkunci saat mengungsi, amankan perabot berharga agar terhindar dari pencurian, awasi anak-anak saat mandi di sungai dan kurangi berkendara saat banjir,” pesan Kapolres Sekadau.

Pos terkait