Program Non Fisik TMMD, Salah Satunya Meningkatkan Kerukunan Umat Beragama

Program Non Fisik TMMD ke 118 Kodim 0804/Magetan, Tingkat Kerukunan Umat Beragama

Beritatrends, Magetan – Kankemenag, Kabupaten Magetan Institusi Militer selama ini dianggap masyarakat sebagai ruang yang cenderung “sangar” karena identik jiwa ketegasan serta disiplin yang tinggi. Meski demikian, institusi militer tersebut rupanya mampu berbaur dengan kalangan masyarakat sipil.

Hal ini terbukti dari terselenggaranya kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 118 TA 2023 Kodim 0804/Magetan yang di pusatkan di Balai Desa Plangkrongan Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan Jatim.

Kegiatan ini pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memantapkan kesadaran masyarakat, berbangsa, bernegara serta disiplin nasional.

Hal ini tentunya mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Agama Kabupaten Magetan dengan turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut melalui Ahmad Sahri Dari Kemenag Kabupaten Magetan untuk memberikan ceramah/ pembekalan dengan didampingi Bintal Satgas TMMD Sertu H.Tasir, SH, tanggal 29 September 2023bertempat di Balai Desa Plangkrongan.

Guna meningkatkan kerukunan umat beragama dan mencegah masuknya paham-paham yang bisa merusak bingkai NKRI sejak dini, personil Satgas TMMD non fisik 118 Satgas TMMD ke 118 Kodim 0804/Magetan melakukan penyuluhan kerukunan umat beragama di Balai Desa Plangkrongan Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan.

Personel Satgas TMMD 118 Kodim 0804/Magetan bekerjasama dengan Kemenag Kabupaten Magetan. Bintal Satgas TMMD ke 118 Kodim 0804/Magetan Sertu H.M.Tasir SH mengatakan, “penyuluhan kerukunan umat beragama tersebut di tanamkan kepada Tokoh Agama di Desa Plangkrongan untuk kepentingan masyarakat akan sadarnya tingkat toleransi antara masyarakat”, ucap Bintal Satgas TMMD ke 118 Kodim 0804/Magetan.

“Tidak hanya itu ,TNI AD dengan program TMMD juga hadir untuk kepentingan masyarakat biar semakin majemuk dan manunggal bersama TNI,” ungkapnya.

Baca Juga  Setukpa Lemdiklat Polri Salurkan Hewan Qurban Kebeberapa Yayasan dan Pesantren

“Program TNI AD dan Pemda yang dilaksanakan pada saat ini merupakan suatu bentuk kepedulian kepada masyarakat dan senantiasa untuk selalu bersyukur dan berdoa kepada Allah SWT agar kegiatan TMMD ini dapat berjalan dengan baik serta mendapat ridho dari Allah SWT,” katanya lagi.

Bintal Satgas TMMD ke 118 menambahkan Penyuluhan toleransi beragama yang masuk dalam program sasaran non fisik ini merupakan program dari TNI AD melalui TMMD ke-118 untuk memberikan nasehat agama/ kerohanian dan menciptakan serta meningkatkan kerukunan antar umat bergama melalui komunikasi dan interaksi sehingga upaya untuk mendekatkan diri kepada sang Khaliq dapat terwujud.

“Semoga dengan penyuluhan agama yang disampaikan di program kegiatan TMMD 118 Kodim 0804/Magetan ada hikmah yang diambil oleh Masyarakat Desa Plangkrongan sehingga nantinya akan tercipta kerukunan antar umat beragama,” katanya.

Pos terkait