Program RT KEREN POKMAS KRIDHA TARUNA RW III KELURAHAN REMBANG KOTA BLITAR SUDAH Mencapai 100 Persen

Beritatrends, Blitar – Kegiatan Pokmas KRIDHA TARUNA RW III KELURAHAN REMBANG program RT KEREN ( Keberagaman, Religius, dan Nasionalis ) di RT 2 RW 3 Kelurahan Rembang Kota Blitar Tahun 2023 sudah mencapai 100 persen . Ini merupakan program bantuan dana RT senilai 50 juta rupiah per tahun. Total anggarannya mencapai 31,5 miliar dan dialokasikan kepada 630 RT yang tersebar di 21 kelurahan di tiga kecamatan se-Kota Blitar.

Endik Wijayanto ketua Pokmas KRIDHA TARUNA RW III KELURAHAN REMBANG menilai ” pelaksanaan Program RT Keren di Kelurahan Rembang Kecamatan Sananwetan ini sudah berjalan cukup baik, sangat bermanfaat namun perlu terus ditingkatkan agar target dari pelaksanaan program dapat terealisasi dengan maksimal. Lebih bisa berkembang untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitar.”

” Untuk pemanfaatannya, masing – masing RT merekomendasikan melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) satu tahun sebelumnya.Skema pendanaan program RT Keren ini terbagi atas 70% pembangunan fisik dan 30% pembangunan nonfisik yang direalisasikan melalui – pelatihan serta kegiatan lainnya. ”

Pada kegiatan fisik, anggaran dapat dimanfaatkan untuk pembangunan rehap saluran air di jalan karet dan jalan waru, serta pembangunan poskampling GAZEBO di lingkup RT 3, yang semuanya dikerjakan oleh Kelompok Masyarakat (Pokmas) dari masing – masing RW.Sedangkan untuk kegiatan nonfisik sebesar 30% dari anggaran yang ada, dimanfaatkan untuk pelatihan, dari pelatihan pembuatan kripik, budidaya ikan lele, pemasaran online, pengemasan produk, fotografi, kebun sayur dan lain sebagainya . ” Terangnya.

Adanya pelatihan yang meningkatkan kapasitas warga ini, diharapkan dapat mencapai optimalisasi pemberdayaan masyarakat. Mulai dari munculnya pelaku usaha baru hingga bangkitnya perekonomian masyarakat Kota Blitar pasca pandemi Covid-19.

Baca Juga  Sejam Berita Naik Kepala Disdukcapil Kabupaten Pringsewu Nazri, S.H. Telpon Kabiro Beritatrends Kabupaten Pringsewu

Kepala Bagian Pemerintahan Sekretaris Daerah Kota Blitar, Fredy Hermawan menyampaikan, bahwa Rembang merupakan pelapor pencapaian pertama di wilayah Sananwetan , saya sangat apresiadi kinerja temen temen pokmas yang berjalan sesuai dan tepat waktu.

” Kita terus melakukan evaluasi kinerja dan pengembangan agar kota blitar semakin maju dan berkembang. Pekan depan kita akan adakan RT KEREN AWARD untuk menambah semangat lagi Pokmas Pokmas untuk lebih inovasi dan kreatif. Sebab kebangkitan ekonomi suatu wilayah harus dimulai dari kebangkitan ekonomi warganya.

Dengan adanya pelatihan – pelatihan dari Program RT Keren ini tentunya membuka kesempatan bagi masyarakat untuk meningkatkan nilai ekonominya. Berawal dari setingkat keluarga, diharapkan dapat membantu pemulihan perekonomian di Kota Blitar dan turut mendukung program Pemerintah Provinsi Jawa Timur “ Optimis Jatim Bangkit”.ujarnya.

Suci , salah satu peserta pelatihan mengungkapkan rasa terima kasih dan antusiasnya terhadap pelatihan dan akan terus melanjutkan ilmu yang ia peroleh di rumah. Suci juga berharap, program RT Keren ini terus berlanjut sehingga masyarakat dapat terus merasakan dampak positifnya baik ilmu , ekonomi , maupun percepatan pembangunan di lingkungan sekitar. “Ungkapnya.

Pos terkait