SMP Raden Rahmat dan SRPB Jatim Gelar MPLS tentang Kebencanaan

SMP Raden Rahmat dan SRPB Jatim Gelar MPLS tentang Kebencanaan

Beritatrends, Surabaya – Ada yang menarik dalam masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) yang diselenggarakan SMP Raden Rahmat, Surabaya. Sekolah yang berada di Jalan Karangrejo IX No. 1, Wonokromo, Surabaya ini, memberikan materi kesiapsiagaan menghadapi bencana, Selasa (18/7).

Materi diberikan oleh Koordinator Sekretariat Bersama Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jawa Timur Dian Harmuningsih. Siswa diberikan pengetahuan umum terkait bencana, kerentanan, ancaman, dan potensi yang ada.

Dengan tema Edukasi Penanggulangan Bencana di Sekolah: Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Dasar, kegiatan ini dihadiri oleh 60 siswa. Mereka sangat tertarik dan antusias mengikuti kegiatan ini. Apalagi, materi kebencanaan masih sangat jarang diberikan kepada satuan pendidikan.

Dian Harmuningsih mengungkapkan, Jawa Timur memiliki 13 potensi bencana. Meski banyak ancaman bencana, namun siswa diharapkan bisa menjadi pelopor kesiapsiagaan bencana di keluarganya. “Mereka diharapkan sadar terhadap bencana sehingga ilmu yang diberikan bisa ditularkan kepada lingkungan sekitarnya,” ungkap Dian Harmuningsih.

Dengan pemberian materi ini, lanjut Dian, siswa akan menjadi pribadi yang tangguh. Apalagi, siswa di sekolah termasuk kelompok rentan. Sehingga mereka perlu mendapat edukasi yang lebih tentang kebencanaan.

Sementara itu, Kepala SMP Raden Rahmat Iwan Setiawan menyatakan, pihaknya berterima kasih atas kesediaan koordinator SRPB Jatim untuk hadir dalam mengedukasi siswa siswi sekolahnya. “Karena pengetahuan tentang bencana bagi siswa sekolah saat ini menjadi hal yang penting,” pungkasnya.

Baca Juga  Kajian Ilmiah Warnai Persiapan Pilkada Serentak Tahun 2024

Pos terkait