Sukses Turunkan Stunting, Bupati Magetan Terima Tanda Penghargaan Satyalancana Wira Karya dari Presiden RI

Beritatrends, Magetan – Bupati Magetan Suprawoto menerima Anugerah Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Tanda Kehormatan ini disematkan secara langsung oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin pada Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke-30 di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, Kamis (6/7/2023).

Dalam sambutannya, Wapres mengatakan stunting merupakan salah satu tanda masyarakat yang rapuh.

“Masyarakat yang rapuh, baik ditandai oleh tingginya prevalensi stunting maupun karakteristik kerapuhan lainnya, seperti sikap saling curiga, sulit bekerja sama, kurang memperjuangkan kejujuran, dan melapuknya nilai-nilai integritas, merupakan cermin dari keroposnya bangunan pada tingkat keluarga,” jelasnya.

Menurut Wapres, peran keluarga dalam mencetak generasi penerus bebas stunting perlu diperkuat.

“Prevalensi stunting di Indonesia saat ini mencapai 21,6%, sementara pada 2024 prevalensi stunting ditargetkan menjadi 14%,” Ujar Wapres.

Sejalan dengan hal tersebut Bupati Magetan terbukti telah berhasil menurunkan angka prevalensi stunting hingga menjadi 14,9%.

Ini lantaran pihaknya telah turut mensukseskan pelaksanaan Program Bangga Kencana (Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana).

Adapun salah upaya penurunan stunting adalah melalui inovasi Jekmil (Ojek Ibu Hamil), serta pemeriksaan kehamilan dan pendampingan dari tenaga terlatih.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemda dan masyarakat atas dukungannya selama ini. Penghargaan ini sebetulnya merupakan manifestasi dari keberhasilan masyarakat Magetan yang terus ingin maju,” ungkap Bupati Suprawoto.

Baca Juga  Vaksinasi Ika Unair Sidoarjo Menyasar Pelajar

Pos terkait