Tambah Daya Tarik Pariwisata, Wali Kota Maidi Akan Bangun Miniatur Patung Liberty di Kota Madiun

PATUNG LIBERTY—Wali Kota Madiun, Maidi berada di depan Patung Liberty disela-sela kunjungannya di Amerika Serikat. Usai pulang dari negeri Paman Sam, Maidi berencana membangun Patung Liberty di Kota Madiun.

Beritatrends, Madiun – Maidi merencanakan akan membangun miniatur Patung Liberty di kota pendekar usai pulang dari kunjungan kerjanya di Amerika Serikat. Bagi orang nomer satu di Pemkot Madiun itu, pembangunan miniature Patung Liberty akan menambah daya tarik pariwisata di kota pecel.

‘’Kalau kita bangun miniaturnya untuk menambah ikon-ikon dunia di Kota Madiun, saya yakin akan menambah daya tarik wisata di Kota Madiun,’’ kata Wali Kota Madiun, Maidi dalam akun instagram pribadinya yang diunggah Senin (7/8/2023).

Tak hanya menyampaikan keinginannya membangun miniature Patung Liberty, mantan Sekda Kota Madiun ini juga menuliskan detail nama dan ukuran patung yang juga menjadi salah satu lambang kebanggan negara paman sam tersebut.

”Siapa yang tidak mengenal Patung Liberty. Sebuah karya monumental seni pahat yang melambangkan kebebasan bagi seluruh dunia. Nama sebenarnya adalah “Liberty Enlightening The World atau Liberty yang menyinari dunia,” tulis Maidi.

Ia mengatakan Patung Liberty memiliki ketinggian kurang lebih 46 meter dengan lapisan patung terbuat dari lempengan tembaga dengan ketebalan mencapai 2,4 mm.

Maidi menuturkan Patung Liberty merupakan hadiah dari rakyat Prancis kepada rakyat Amerika Serikat untuk merayakan hubungan persahabatan kedua negara.

Dalam kunjungannya ke Amerika Serikat, Wali Kota Madiun, Maidi tidak sendiri. Setidaknya terdapat tiga kepala daerah lain yang mengikuti kegiatan yang digelar Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) dan INADATA Consulting.

Sebelum membangun Patung Liberty, sudah ada delapan ikon dunia di Kota Pendekar. Mulai Patung Merlion Singapura yang dibangun pada Desember 2020 lalu, miniatur Ka’bah Saudi Arabia dan Kampung serta Jembatan Eropa dibangun pada 2021, Menara Eiffel Perancis dan lokomotif Shinkansen Jepang dibangun pada 2022.

Baca Juga  Tutup Rangkaian Festival Ramadhan Sekretaris Karta Sampaikan Dukungan dan Apresiasi

Sementara tahun ini, Pemkot Madiun membangun menara Jam Big Ben Inggris dan Kincir Angin Belanda. Selain itu hadir miniatur Monumen Nasional (Monas) yang dibangun di Alun-Alun Kota Madiun.

Dengan demikian, hadirnya Patung Liberty tersebut akan menjadi ikon dunia ke sembilan di Kota Madiun.

Bagi Maidi pembangunan ikon-ikon dunia di kota pendekar sebagai upaya Pemkot Madiun untuk menjadikan Kota Madiun semakin mendunia. Untuk mewujudkan hal terseebut, dirinya akan banyak belajar dari kota-kota yang sudah lebih maju.

“Kalau ingin maju tidak perlu malu belajar. Kita bisa belajar dari mana saja. Salah satunya dari kota yang sudah lebih maju,’’demikian Maidi.

Pos terkait