Barape Sawa Bengkayang, Acara Adat Sub Suku Bakatik Begini Ceritanya

Peserta acara adat Bekatik

Beritatrends, Bengkayang –  Bengkayang adalah salah satu Kabupaten di Kalimantan Barat, hasil pemekaran dari Kabupaten Sambas.

Memilik luas sekitar 500.000 hektare, terbentang dari batas Jagoy Babang – Serikin, sampai ke daerah Mempawah dan Singkawang.

Kabupaten Bengkayang merupakan minniaturnya Indonesia, di huni oleh Multietnis.

Hari ini di Bengkayang diadakan gelaran acara Adat syukuran terhadap hasil panen tahun, di kalangan Suku Dayak Bakatik, lazim dilaksanakqn turun temurun.

“Barape sawa” yaitu acara adat mirip Naik dango, di selenggarakan di Rami Betang Bengkayang, Sebopet Senin (4/07/2022).

Kegiatan di buka oleh Sebastianus Darwis, SE.MM, selaku Bupati Bengkayang,

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, bahwa acara hari ini adalah merupakan moment sangat penting.

Ya Barape sawa tahun ke delapan, ini salah satu agenda yang akan di masukan dalam agenda pariwisata daerah, selain Naik dango di Kecamatan Samalantan, terus Nyobeng di Sebujit kecamatan Siding.

Ada 5 moment acara adat sepanjang tahun di Bengkayang.

Dalam sambutannya bupati juga mengatakan, bahwa Kabupaten Bengkayang juga merupakan Sumber Pangan kalbar, dan penghasil jagung terbesar 70 persen suplai jagung kalbar ada di Bengkayang,

Masih menurut Sebastianus Darwis Bupati Bengkayang, bahwa event kegiatan seperti ini akan dimasukan diagenda kalender pariwisata, terimakasih kepada seluruh Donatur yang membantu menyumbang sehingga acara ini terselenggara dengan baik, selamat datang kepada seluruh peserta dari 11 kecamatan, tamu Undangan,” kata Darwis

Disakssikan para tamu undangan, acara di buka secara resmi dengan memukul gong. Ada Dua Talu ampat lima anam tujuh, acara Barape sawa, resmi saya buka.

Acara yang diawali dengan karnaval Budaya, terus pertandingan permainan rakyat,
Serta beberapa permainan rakyat.

Pos terkait