Canangkan Lapas Rutan Bersinar, Rutan Magetan Bentuk Relawan Anti Narkoba

Kepala Rutan : Lapas Rutan Bersinar, Rutan Magetan Bentuk Relawan Anti Narkoba

Beritatrends, Magetan – Dalam rangka mewujudkan Lapas dan Rutan bersih dari narkoba menuju Indonesia BERSINAR (Bersih dari Narkoba), Sore ini (5/4/2023) Rutan Magetan Kanwil Kemenkumham Jatim menggelar Pencanangan Lapas Rutan Bersinar serta Penguatan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang dihadiri langsung oleh Kepala BNN kabupaten Nganjuk, Bambang Sugiharto.

Kegiatan Pencanangan Lapas Rutan Bersinar yang di gelar di Aula Puntadewa tersebut juga diikuti oleh Lapas Pemuda Madiun dan Lapas Ngawi. Yang pada kesempatannya kali ini, bersama dengan Rutan Magetan mendapatkan Sertifikat sebagai Lembaga Pemasyarakatan Bersih Narkoba Tahun 2022.

Sebagai bukti komitmen melaksanakan Program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), Rutan Magetan telah membentuk Relawan Anti Narkoba yang di sah kan atau dilantik langsung oleh Kepala BNN kabupaten Nganjuk, Bambang Sugiharto. Relawan Anti Narkoba yang dibentuk oleh Rutan Magetan terdiri dari Pegawai Rutan dan Warga Binaan Pemasyarakatan.

Kegiatan dilanjutkan dengan Penandatangan Pencanangan Lapas Rutan Bersinar oleh masing-masing Ka.UPT yang disaksikan langsung oleh Kepala BNN kabupaten Nganjuk, Bambang Sugiharto. Kemudian masing-masing UPT mendapatkan Piagam Penghargaan atas komitmen melaksanakan Program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Menuju Lapas Rutan Bersinar.

Pada Kegiatan tersebut, Karutan Magetan Eries Sugianto yang menjadi perwakilan Ka. UPT untuk memberikan sambutan. Dalam kesempatannya, Eries Mengucapkan terima kasih atas kehadiran Kepala BNN kabupaten Nganjuk. Selain itu, Karutan juga meminta dukungan kepada BNN dalam melakukan pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.

“Tindakan pencegahan narkoba juga gencar kami sosialisasikan, khususnya terkait bahaya mengonsumsi narkotika, psikotropika, zat adiktif dan obat-obatan berbahaya (narkoba) kepada WBP (warga binaan pemasyarakatan). Tetapi kami juga memohon dukungan tim BNN Kabupaten Nganjuk dalam melakukan pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) dilingkungan Lapas maupun Rutan”, Jelas Karutan.

Menanggapi hal tersebut, Kepala BNN kabupaten Nganjuk, Bambang Sugiharto menyampaikan bahwa Timnya siap untuk membantu dan mendukung program P4GN. “Kami dari BNN Kabupaten Nganjuk siap dan akan semaksimal mungkin membantu dan mendukung Program dari Lapas dan Rutan untuk melakukan pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN). Saya akan siap meminta tim BNN kabupaten Nganjuk untul siap hadir dan turut mengawasi apabila di Lapas atau Rutan menggelar Tes Urine”, Jelas Kepala BNN kabupaten Nganjuk

“Kami berharap kerja sama yang baik ini akan terus ditingkatkan secara masif lagi, semakin terpadu, secara terus-menerus, implementatif, serta secara periodik untuk wujudkan Lapas Rutan bersih dari narkoba (Bersinar),” Tutup Bambang Sugiharto.

Pos terkait