Cegah Radikalisme, BNPT Kunjungi Magetan

  • Whatsapp

Kepala BNPT, Komjen Pol. Dr. Boy Rafli Amar, M.H.

Beritatrends, Magetan – Kepala BNPT, Komjen Pol. Dr. Boy Rafli Amar, M.H. bersama rombongan melakukan kunjungan ke Kabupaten Magetan diterima oleh Bupati Magetan Suprawoto, didampingi Forkopimda dan Kepala OPD terkait di ruang jamuan Pendapa Surya Graha Magetan, Selasa (16-11-2021).

Tujuan kunjungan tersebut guna melakukan sosialisasi program pencegahan BNPT ke seluruh Provinsi di Indonesia dan hari ini giliran di Kabupaten Magetan.

“Silaturahmi kami di Magetan hari ini dalam rangka program-program dari BNPT bersama tim Sinergitas Kementerian Lembaga dan Pemerintah Daerah, terutama dalam program pencegahan di radikalisasi,” ungkap Komjen Pol. Dr. Boy Rafli Amar, M.H.

Sebagai salah satu langkah preventif dalam upaya pencegahan paham radikalisme intoleran di Indonesia, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) terus mensosialisasikan langkah-langkah pencegahan paham tersebut melalui program Kesiapsiagaan Nasional, Kontra Radikalisasi, dan Deradikalisasi guna terwujudnya Indonesia yang aman dan damai.

Ia menyatakan bahwa sinergitas yang dikomandoi BNPT ini ditujukan untuk menanggulangi radikalisme dengan konsep pembangunan kesejahteraan.

“Dalam hal ini, Pemerintah Pusat dan Daerah yang terlibat melakukan pembangunan, baik fisik maupun non fisik, sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing. Dengan pembangunan kesejahteraan tersebut diharapkan penerima manfaat dapat merasakan kehadiran negara sehingga kecintaan terhadap Tanah Air dapat terpupuk dan tumbuh kembali dengan baik,” jelasnya.

BNPT memberikan pelayanan kepada masyarakat dan berharap yang kita lakukan dapat menaikkan indeks kebahagiaan dan kesejahteraan masyarakat karena dengan begitulah kita harapkan keberhasilan untuk membangun bangsa Indonesia bisa tercapai.

Dukungan BNPT dalam program-programnya merupakan wujud BNPT hadir dengan memberikan penguatan fisik, psikis, sosial, dan finansial kepada para penyintas. Tujuannya agar mereka bangkit dari kedukaan masa lalu dan merencanakan masa depan yang lebih baik.

Berangkat dari pengertian dan pola-pola kejahatan terorisme yang pernah terjadi, Kepala BNPT menekankan pentingnya melestarikan dan mengamalkan warisan penting dari pendiri bangsa Indonesia yakni UUD 1945 sebagai Konstitusi Negara dan Pancasila sebagai Dasar Negara.

“Warisan tersebut kaya akan cita-cita dan nilai luhur yang dapat menjadi obat penawar radikal terorisme, sehingga penting untuk mengembangkan narasi dan literasi keduanya ditengah masyarakat,” pungkas Komjen Pol. Dr. Boy Rafli Amar, M.H.

Dalam audiensi antara Kepala BNPT dan Bupati Magetan serta Forkopimda membahas penanganan dan program-program pencegahan terorisme. Tak hanya itu, keduanya juga membahas Program Sinergitas Daerah dengan Pemerintah setempat dalam mewujudkan Program Kesiapsiagaan Nasional.

Bupati Magetan dalam sambutan selamat datang menyampaikan, terima kasih atas kunjungan Kepala BNPT dan segenap rombongan, selanjutnya juga saya sampaikan ucapan terima kasih atas program Badan Nasional Penanggulangan Terorisme ( BNPT ) yang sudah masuk ke Magetan.

Diantaranya : Forum Keserasian Sosial dan Kearifan Lokal di Kelurahan Selosari dan Desa Temboro.Program Pelatihan ketrampilan UMKM dan bantuan alat kerja yang bekerjasama dengan Rumah Kreatif dan Dinas Koperasi UKM.

Pengadaan Balai Latihan Kerja ( BLK ) di Pondok Pesantren Al Muslimun Desa Sumberagung dan masih banyak lagi program yang lain.

“Dari program-program ini sangat membantu dalam proses pembangunan wilayah Magetan,” ungkapnya.

Pos terkait