Dinkes Provinsi Lampung Verifikasi ODF Stop Buang Air Besar Sembarangan di Desa Kerta Sana

sosialisasi program Verifikasi ODF stop buang air besar sembarangan

Beritatrends, Pesawaran Lampung – Desa Kerta Sana menjadi salah satu Desa di Kecamatan Kedondong yang terpilih sebagai desa yang terverifikasi ODF dan sekaligus sosialisasi ODF stop buang air besar sembarangan yang di gelar Oleh Dinas Kesehatan Provinsi Lampung di Balai Desa Kerta Sana, Kecamatan Kedondong, Kabupaten Pesawaran Lampung

Kegiatan sosialisasi program Verifikasi ODF stop buang air besar sembarangan (STBM) dihadir oleh Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran, Camat Kedondong Drs. Minak Yakin MM, Kepala Desa Kerta Sana Dirhamsan, aparatur Desa Kerta Sana, Selasa (2/8/2022)

Agus Setiowidodo dari Dinas Kesehatan Provinsi Lampung mengatakan kepada awak media kegiatan ini adalah merupakan kegiatan verivikasi ODF Stop buang air besar sembarangan dan kebetulan desa Kerta Sana merupakan salah satu desa yang terverifikasi sebagai contoh untuk yang pertama kali dilakukan di Kecamatan Kedondong.

“Semoga dengan adanya Verifikasi ODF, stop buang air besar sembarangan (STBM) di desa Kerta Sana, dirinya berharap desa Kerta Sana bisa menjadi salah satu desa yang betul-betul bebas dari buang air besar sembarangan (BABS) dan pertama di kecamatan Kedondong khususnya dapat menjadi sebuah bukti efektifitas pendekatan program Sanitasi Total Berbasis masyarakat,”terangnya.

Ditambahkan Camat Kedondong Drs. Minak Yakin MM menjelaskan,  kepada awak media sangat berterima kasih kepada Tim verifikasi yang terdiri dari utusan Provinsi Lampung antara lain: Dinas Kesehatan, yang diwakili oleh Agus Setiowidodo serta dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran serta koordinator STMB.

“Masyarakat merupakan pondasi paling utama dari pendekatan STBM. Kesuksesan STBM hanya akan terjadi apabila masyarakat selalu berdaya berperilaku hidup bersih dan sehat,”ungkap Minak Yakin

Baca Juga  HUT Ke 107, RSUD dr. Sayidiman Magetan Adakan Sunat Massal

Di samping itu Camat Kedondong mengapresiasi dengan adanya kolaborasi lintas sektoral yang dilakukan oleh tim teknis STBM bersama industrial sektor serta masyarakat Kecamatan Kedondong yang banyak memberi pembelajaran bagi kepala Desa yang ada di Kecamatan Kedondong khususnya masyarakat kabupaten Pesawaran pada umumnya.

Kepala desa Kerta Sana Dirhamsah mengatakan, Pemerintah Desa mengupayakan untuk menerapkan cara hidup yang sehat, merupakan salah satu untuk menghindari penyakit dan merupakan kunci keberhasilan STBM ketika setiap individu dalam suatu komunitas tidak lagi melakukan perilaku buang air besar sembarangan yang berpotensi dapat menyebarkan bebagai penyakit.

“Hal ini menjadi penting karena paradigma yang dibangun oleh STBM mengedepankan pembangunan sanitasi berbasis partisipasi dan pemberdayaan masyarakat, bukan pembangunan berbasis masyarakat,”pungkasnya

 

Pos terkait