Kasus DBD di Magetan Terus Meningkat, Dua Bulan Dinkes Catat 90 Kasus

Kadinkes : Kasus DBD di Magetan Terus Meningkat, Dua Bulan Dinkes Catat 90 Kasus

Beritatrends, Magetan – Masyarakat Kabupaten Magetan harap waspada dengan penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD). Pasalnya, tren kasus DBD selama dua bulan di tahun 2024 ini terus mengalami kenaikan.

Hingga akhir bulan Februari, Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat mencatat demam berdarah telah mencapai angka sebanyak 90 kasus.

“Di bulan Januari 47 kasus, sementara bulan Februari 43 kasus. Jumlah kasusnya terus meningkat,” kata Kepala Dinkes Magetan, dr. Rohmat Hidayat, Senin (04/03/2024).

Kadinkes menjelaskan, 90 kasus tersebut merupakan jumlah pasien yang menjalani perawatan di Puskesmas serta Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Sayidiman Magetan. Meski demikian, tercatat belum ada korban jiwa dalam kasus ini.

Pihaknya terus menghimbau pada warga untuk selalu melakukan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan 3M Plus. Yaitu Menguras dan menyikat tempat penampungan air secara rutin, Menutup rapat semua tempat penyimpanan air, serta Memanfaatkan limbah barang bekas yang bernilai ekonomis (daur ulang).

Selain menjauhkan nyamuk aedes aegepty dari tempat tinggal, terlebih saat musim hujan, dr. Rohmat juga menghimbau warga yang mengalami demam di atas 38 derajat celcius untuk segera mengecek gejala tersebut di fasilitas kesehatan setempat.

“Karena semakin cepat diketahui penangaannya, maka akan semakin mudah dan memperkecil korban jiwa,” pungkasnya.

Baca Juga  Jadi Rumah Sakit Tipe C, RSUD Dolopo Bangun Aneka Sarpras dan Lengkapi Alkes

Pos terkait