Panwaslu Capkala Lantik 6 PanwasDes

Lantik 6 PanwasDes

Beritatrends, Capkala Kabupaten Bengkayang, Kalbar – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Capkala kabupaten Bengkayang Kalimantan barat, secara resmi melantik Anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Desa terpilih pada Beritatrends.co.id, Senin ,6/02/2023) bertempat di Pendopo Kantor Camat Capkala.

Adapun jumlah Anggota Panwaslu Kelurahan /Desa yang dilantik sebanyak 6 orang yang tersebar di 6 Desa Kecamatan Capkala Kabupaten Bengkayang.

Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan Anggota Panwaslu desa se-Kecamatan Capkala,dipimpin langsung oleh Ketua Panwaslu kecamatan Capkala Rapinus Rapiju. yang berlangsung secara khidmat.Turut hadir dalam kesempatan tersebut Camat Capkala Bpk. Edward Haris .keterwakilan Kapolsek Capkala, Keterwakilan Koramil Sungai Raya, Keterwakilan PPK Kecamatan Capkala, DAD Kecamatan Capkala, Kades Se-Kecamatan Capkala.

Ketua Panwascam Rapinus Rapiju menyampaikan pemahaman dalam sambutan nya, agar 6 anggota yang dilantik pada hari ini dapat menjalankan tugas nya dengan baik dan dapat menjaga nama baik dan Marwah lembaga Bawaslu.

“Saya atas nama Panwascam Capkala kabupaten Bengkayang mengucapkan selamat kepada Panwaslu Desa yang telah dilantik pada pagi hari ini, sebagai anggota Panwaslu Desa mulai saat ini kita jaga Integritas dan Netralitas sebagai Penyelenggara dan mulai berperan aktif melakukan Komunikasi dengan Kepala Desa dan Kepala wilayah yang ada di Desa,”ujarnya

Lebih lanjut, Rapinus Rapiju menyampaikan. “Perlu saya ingatkan kembali bahwa sumpah /janji yang telah bapak ibu ucapkan ini mengandung makna yang sangat luas baik kepada diri sendiri, orang lain maupun kepada Tuhan Yang Maha Esa. Untuk itu, laksanakan tugas dan tanggung jawab yang telah diamanahkan ini dengan kinerja yang baik,” ingatnya.

Rapinus Rapiju juga menyampaikan Panwaslu desa terpilih,adalah orang pilihan, yang merupakan putra terbaik desa se-kecamatan Capkala Kabupaten Bengkayang. dengan proses yang melalui kompetisi sehat, terbuka dam akuntabel. “Saya berpesan kepada Sahabat semua untuk selalu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, sehingga Sahabat semua dapat menjalankan tugas sebaik mungkin,” imbuhannya

Sementara itu, Camat Capkala Edward Haris menyampaikan, tugas berat menanti, tahapan Pemilu sudah dimulai Pengawas Pemilu, Teman-teman akan terlibat mengawal proses demokrasi Pemilu Serentak Tahun 2024.

“Saya ucapakan selamat kepada teman-teman terpilih. Dalam ucapan selamat ini juga tersirat bahwa ada tanggungjawab yang harus teman-teman emban dalam menjalankan tugas mengawasi pemilu 2024 mendatang, dan melaksanakan Fakta Integritas yang sudah di ucapkan”pungkas Edward Haris.

Lebih lanjut Camat Capkala Menyampaikan : Sekilas Saya membaca tentang Pengawasan ada tiga Strategi pengawasan diantaranya, Pengawasan secara Pasif yaitu Menerima Laporan Masyarakat, Pengawasan Secara Aktif, teman-teman melakukan pengawasan secara langsung dan Pengawasan Partisipatif, dengan melibatkan Masyarakat dan komunikasi intens dengan Forkopimcam, para tokoh masyarakat dan Kepala Desa Se-Kecamatan Capkala, kami membuka ruang komunikasi itu untuk teman-teman semua jajaran Panwaslu Kecamatan Capkala.” ingatnya.

Pos terkait