Pelatihan Pengembangan Potensi Pemuda Berbasis Ekonomi Kreatif

Wakil Ketua DPRD Kab. Blitar Hadiri Pelatihan Pengembangan Potensi Pemuda Berbasis Ekonomi Kreatif

Beritatrends, Belitar – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Mujib SM menghadiri acara pelatihan pengembangan potensi pemuda melalui ekonomi kreatif yang diselenggarakan Dinas Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Blitar di Gedung Stieken Kota Blitar, Senin (20/11/2023).

Seminar yang mengambil tema, “Pelatihan Pengembangan Potensi Pemuda Melalui Ekonomi Kreatif” tersebut dihadiri Ketua Stiken Dr. Siti Sunrowiyati, SE MM, Kabid Kepemudaan Dispora Kabupaten Blitar, Eko Yudi Prasetya, S.Sos MM dan diikuti 60 peserta dari unsur pemuda dari Kecamatan Kanigoro dan Kecamatan Kademangan.

Kepada awak media Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Mujib SM mengatakan bahwa pelatihan ini untuk unsur pemuda supaya kedepan bisa menjadi enterpreneur dan membuka peluang usaha sendiri.

“Kita persiapkan generasi muda untuk diberikan ilmu, agar kedepan mereka bisa menjadi enterpreneur yang sukses dan handal yang bisa mewujudkan Indonesia emas di tahun 2045,” kata Mujib.

Banyak pesan penting yang bisa kita ambil di pelatihan ini, ucap Mujib, “Seperti kita ketahui anak muda sekarang kadangkala setelah lulus SMK bahwa perguruan tinggi masih bingung mau bekerja,” imbuhnya.

Maka dari itu, menurut Mujib, pilihannya adalah wirausaha dan wiraswasta, maka diadakannya seminar sekaligus pelatihan ini bertujuan untuk mempersiapkan generasi muda menjadi enterpreneur – enterpreneur yang handal dan sukses.

Mujib berharap, setelah bekerjasama dengan Stieken Kabupaten Blitar semua generasi muda bisa diberikan bekal motivasi, karakter sehingga mereka bisa tahu dan paham punya dedikasi untuk bisa berusaha dan bisa menciptakan peluang-peluang pekerjaan.

“Maka dari itu harapkan kita generasi muda ini bisa menjadi orang-orang yang sukses secara ekonomi, sukses secara berkarakter, sukses mempunyai kapasitas dan kemampuan,” harapnya.

Baca Juga  Kapolres Magetan : Bagi Bhabinkamtibmas Guna Menunjang Aktivitas Keseharian Berupa Jas Hujan, Jaket, Rompi dan Ransel

Dikatakan Mujib, Tuhan Yang Maha Kuasa itu memberikan hak sama kepada kita semuanya, sukses itu adalah hak kita, apakah hak ini kita berikan begitu saja kepada orang lain, atau hak ini kita raih dan kita upayakan.

“Sukses itu tidak hanya dimiliki bagi orang-orang yang memang sudah terlahir orang tuanya kaya, tetapi kita harus memulai dari nol untuk menjadi sukses,” pungkas Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Mujib MM.

Hal senada disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Kepemudaan Dispora Kabupaten Blitar, Eko Yudi Prasetya, S.Sos MM, bahwa satu pekerjaan rumah kita adalah dalam pelayanan kepemudaan menciptakan lapangan pekerjaan.

“Jadi pelatihan ini adalah salah satu membangun jiwa enterpreneur, jiwa wirausaha. Mengingat di Blitar ini lowongan tidak cukup banyak, maka bagaimana para pemuda kita ini mempunyai jiwa untuk berwirausaha dan itu yang Kita siapkan menyambut Indonesia Emas 2045”, ujarnya.

Lanjut Mujib, bahwa ekonomi kreatif artinya bagaimana satu hal yang trend pada saat ini bisa memanfaatkan dengan berwirausaha berbasis ekonomi kreatif.

“Artinya bagaimana pemuda kita itu menumbuhkembangkan kreatifitas nya supaya nanti bisa menjadi salah satu bentuk wirausaha, tidak perlu modal yang besar tetapi butuh mengasah kreatifitas”, pungkas Kabid Dispora Kab. Blitar Eko Yudi Prasetya.

Pos terkait