Penanganan ODGJ Di Kabupaten Sampang

Bersinergi, Penanganan ODGJ Di Kabupaten Sampang

Beritatrends, Sampang – Pihak terkait bersinergi dalam penanganan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di lingkungan Kelurahan Dalpenang Kecamatan Sampang, dari tingkat Kelurahan Dalpenang, Dinas Sosial PPPA Sampang, RS dr Mohammad Zyn, Dinkes melalui Puskesmas setempat, Pendamping dan TKSK Kabupaten Sampang Madura Jawa Timur.

Dalam sepekan Lurah Dalpenang, Junaidi sudah melaporkan 2 ODGJ warganya dengan berkoordinasi dengan pihak terkait dan 1 orang hari Sabtu (20/5) kemarin sudah di rujuk ke RS Menur Surabaya.

Saat dikonfirmasi Junaidi, Lurah Dalpenang mengatakan berkat adanya laporan dari warga, ada ODGJ yang meresahkan warga sekitar, dirinya langsung berkoordinasi dengan pihak terkait yaitu Dinsos PPPA Sampang lalu oleh Dinsos PPPA berkoordinasi dengan pihak Dinkes melalui Puskesmas setempat dilanjutkan ke RS dr Mohammad Zyn dan ikut mengantarkan ke RS Menur Surabaya.

” Alhamdulillah dalam penanganan ODGJ yang pertama dari jalan Seruni berjalan lancar sampai bisa di rujuk ke RS Menur Surabaya hari Sabtu kemarin, tentunya dengan permintaan keluarganya untuk di rujuk ke RS Menur Surabaya,” ungkapnya. Selasa (23/5/2023).

Selanjutnya tadi pagi, penanganan ODGJ yang ke 2 di jalan Panglima Sudirman Se orang perempuan (A) pihak terkait hadir semua dan memeriksa kondisi ODGJ tersebut serta memberikan arahan dan solusi serta pertimbangan kepada keluarganya. Awalnya pihak keluarga ingin ODGJ tersebut di rujuk ke RS Menur Surabaya.

” Alhamdulillah bersama petugas dari Dinkes, Dinsos PPPA, pendamping dan koordinator TKSK keluarga menerima saran dari pihak terkait dan akhirnya ODGJ tersebut tidak di rujuk ke RS Menur dan akan di obati secara rutin dan pendampingan di rumahnya ,” tutur Junaidi.

Baca Juga  Kunker Kapolda Lampung Ke Polres Tulang Bawang Barat

Domiri petugas dari Puskesmas Banyuanyar mengatakan akan siap kapanpun untuk memeriksa kondisi A dan siap memberikan obat secara rutin tentunya harus dukungan keluarga yang utama, supaya pasien tidak kambuh kalau minum obat secara teratur.

” Kapanpun saya siap untuk memeriksa kondisi pasien ODGJ supaya tidak kambuh dan harus dukungan dari keluarga,” terangnya.

Hoirul Anam Kasi Rehabilitasi Sosial kami menyarankan untuk pro aktif kepada “S” faktor pendukung utama adalah keluarga dan segera membuat atau mengabdit KK terbaru dan KTP segera di buat, untuk mempermudah segala persyaratan di kemudian hari serta akan di masukkan ke DTKS dan usulan bantuan.

” Segera mempersiapkan KK terbaru dan KTP “S” untuk ditindaklanjuti dan akan di masukkan DTKS dan usulan bantuan,” singkatnya.

Pos terkait