Rutan Magetan Gelar Posbindu

Libatkan Warga Binaan jadi Kader, Rutan Magetan Gelar Posbindu
.

Beritatrends, Magetan – Tim Pelaksana Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) dari UPTD Puskesmas Candirejo Magetan melakukan pemeriksaan skrining penyakit tidak menular kepada Pegawai dan Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Magetan Kanwil Kemenkumham Jatim pada Rabu (01/03/2023).

Terpusat di aula Rutan, Posbindu kali ini digelar dengan melibatkan 3 orang tenaga kesehatan Puskesmas Candirejo yang terdiri dari 1 orang dokter dan 2 orang perawat umum serta dibantu oleh 2 petugas tenaga kesehatan Rutan Magetan. Selain itu kegiatan ini juga melibatkan kader dari Warga Binaan yang sudah dilatih sebelumnya.

Posbindu sendiri merupakan kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular terintegrasi yang melibatkan peran serta masyarakat, dalam hal ini Warga Binaan sebagai kadernya melalui pembinaan terpadu.

Adapun tahapan pemeriksaan pada Posbindu kali ini diawali dengan registrasi dan wawancara, dilanjutkan dengan pengukuran tinggi badan, berat badan dan lingkar perut. Lalu pemeriksaan tekanan darah, gula darah dan kolesterol, serta diakhiri dengan konseling kesehatan.

Kegiatan Posbindu telah rutin dilakukan oleh Rutan Magetan setiap 3 bulan sebagai upaya deteksi dini terhadap penyakit tidak menular bagi Warga Binaan maupun Pegawai, terutama yang termasuk ke dalam golongan kelompok rentan.

“Dalam menjaga derajat kesehatan Warga Binaan, salah satu upaya kami dengan melaksanakan Posbindu ini secara rutin. Tujuannya agar penyakit bisa dideteksi secara dini, sehingga penanganan dapat dilakukan lebih awal,“ jelas Kepala Rutan Eries Sugianto saat memantau pelaksanaan Posbindu.

Baca Juga  Launching Kelas “Camat Ganteng”, Cara Kelurahan Alastuwo Atasi Masalah Stunting

Pos terkait