Tahapan Pemilu 2024 Dan Sinergi Stakeholder Dalam Peningkatan Partisipasi Masyarakat

Sosialisasi Tahapan Pemilu Dan Sinergi Stakeholder dalam peningkatan partisipasi masyarakat pemilu 2024″ di Pendopo Surya Graha Magetan, Rabu (26/10/2022).

Beritatrends, Magetan – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Magetan Menggelar Sosialisasi Pemilu 2024 dengan tema “Tahapan Pemilu Dan Sinergi Stakeholder dalam peningkatan partisipasi masyarakat pemilu 2024″ di Pendopo Surya Graha Magetan, Rabu (26/10/2022).

Dalam sosialisasi ini di hadiri oleh Bupati Magetan, Wakil Bupati, Ketua DPRD Kabupaten Magetan, Kepala OPD, Porkopimca, Kepala Kelurahan, tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh masyarat, acara di buka langsung oleh Anggota KPU Provinsi Jawa Timur Devisi Pendidikan Pemilih (Sosdiklih) Gogot Cahyo Basgoro.

Bupati magetan Dr. Drs. H. Suprawoto, S.H. M.Si dalam sambutanya mengungcapkan, kita memang sudah berpengalaman dalam hal pemilihan, tak lepas dari hal tersebut kita juga terus berupaya memberikan ilmu politik yang sehat, sesuai dengan dasar hukum pelaksanaan Pemilu dan Pilkada tahun 2024.” tuturnya.

Bupati menambahkan, hal ini juga terdapat peran penting dari pihak Pemerintah dan daerah, seperti penyusunan data kependudukan, pelaksanaan kampanye, pencetakan dan distribusi logistik, peran linmas, pemantauan pelaksanaan hingga menetralisasi ASN.

Ditambahkan dari anggota KPU Provinsi Jawa Timur mengatakan, hal ini juga terdapat peran penting dari pihak Pemerintah dan Daerah, seperti penyusunan data kependudukan, pelaksanaan kampanye, pencetakan dan distribusi logistik, peran linmas, pemantauan pelaksanaan hingga menetralisasi ASN.

Bahwa adanya sosialisasi ini kita berharap dari semua pihak yang mau dan ikut serta untuk membantu kami mensukseskan pemilu di tahun2024 mendatang, karena kita sendiri dari KPU Kabupaten/Kota tentu tidak bisa menjangkau hingga ketingkat bawah yaitu masyarakat, sebab yang kita perhatikan dari sebagian kecil pasti adanya kenaikan angka pemilih, yang otomatis akan bertambah juga, dengan hal itu kita akan mengakses dari PPK dan PPS (panitia pemilihan kecamatan dan panitia pemungutan suara).

Baca Juga  Penyuluhan Posyandu dan Posbindu Menjadi Sasaran Non Fisik Giat TMMD ke-118 Kodim 0804/Magetan

Gogot menambahkan sosialisasi ini dilakukan untuk menginformasikan tahapan pemilu dan sinergi stakeholder dalam peningkatan partisipasi masyarakat pada pemilu 2024.

“Selain itu, juga adanya peran penting dari berbagai pihak mulai dari TNI/Polri, Pemerintah Daerah, Pemerintah Kecamatan, Hingga Pemerintah Desa dan juga masyarakat, setelah ferivikasi faktual kita juga akan terus berkoordinasi berkelanjutan dengan semua pihak, dari penetapan kursi dan dapil, sosialisasi pendidikan pemilih, rekrutmen badan ADHOC, tahapan seleksi PPK/PPS, hingga hari pungutan suara, serta pengamanan pemilu.”pungkasnya.

Pos terkait