Wisata Ketupat Joso Magetan, Panitia Siapkan 7.000 Ketupat dan Sayur Gratis

Wisata Ketupat Kampung NU, Dusun Joso, Desa Turi, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan.

Beritatrends, Magetan – Wisata ketupat digelar oleh kampung Nahdlatul Ulama (NU), Dusun Joso, Desa Turi, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan Magetan, Senin (9/5/2022).

Ribuan ketupat disiapkan berjajar di sepanjang rumah warga desa setempat. Tidak hanya ketupat saja, tetapi juga dilengkapi dengan lauk dan sayur pelengkapnya. Dan itu bisa dinikmati gratis oleh siapapun yang datang pada acara tersebut.

Ketua Panitia Wisata Ketupat Kampung NU, Mudzakir mengatakan, wisata ketupat ini rutin digelar setiap tahun, pada lebaran ke-8 bulan Syawal, untuk melestarikan tradisi kupatan yang mulai terkikis oleh jaman.

Filosofi ketupat yang merupakan khas dari umat muslim setelah pasca Ramadhan ini, dikemas oleh warga Joso

“Ketupat yang disediakan seluruhnya berasal dari warga masyarakat dusun Joso, setiap rumah minimal membuat 25-50 buah ketupat, ketupat di gantung didepan rumahnya masing-masing, dan warga yang hadir dapat menikmati dan mengambil ketupat tersebut sepuasnya,” kata Mudzakir.

Dijelaskanya, berdasarkan kalkulasi dan hitungan panitia terdapat sekitar 7.000 buah ketupat yang digantung disepanjang jalan yang ada di kampung NU.

“Warga untuk membuat ketupat mengunakan uang pribadi swadaya masyarakat, sekaligus lauk dan sayur nya,” jelasnya.

Ia berharap kegiatan wisata ketupat dilaksanakan selama 2 hari ini, yaitu hari pertama bazar UMKM dan Wisata Ketupat pada hari kedua, dapat menjadi contoh pelestarian tradisi masyarakat lainya.

“Jangan sampai karena jaman, tradisi tradisi yang baik hilang, kita sebagai penerus khususnya penerus NU harus selalu melestarikannya,” pungkasnya.

Pos terkait