430 Balita Jadi Sasaran Gerebek Stunting Ika Unair Sidoarjo

Gerebek Stunting Ika Unair Sidoarjo

Beritatrends, Sidoarjo – Sebanyak 430 balita yang berada di Kelurahan Lemahputro, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, menjadi sasaran Gerebek Stunting yang diadakan Ikatan Alumni Universitas Airlangga (Ika Unair) Cabang Sidoarjo. Program pengurangan stunting ini juga merupakan bagian dari program nasional yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

Pelaksanaan Gerebek Stunting ini dilakukan cukup lama, yakni selama 5 bulan. Mulai bulan Agustus hingga Desember 2023 mendatang. Kegiatan cukup lama karena nantinya juga ada monitoring selama program berlangsung.

Kali ini Gerebek Stunting berlangsung di Posyandu RT 09 RW 02, Kelurahan Lemahputro, Jumat (11/8). Kegiatan ini juga dihadiri Tim Kementerian Kesehatan RI yang melakukan uji petik untuk makanan pendamping kepada balita.

“Kegiatan ini sudah dimulai sejak 5 Agustus 2023 lalu dan terus berlangsung selama 5 bulan hingga Desember nanti. Kami juga menggandeng Dinas Kesehatan Sidoarjo untuk bersinergi,” ungkap Ketua Pelaksana Wardoyo.

Setiap minggunya kegiatan ini berpindah-pindah. Ada tujuh psoyandu yang ada di Kelurahan Lemahputro yang menjadi lokasi Gerebek Stunting. Untuk kali ini sasarannya adalah 38 balita di RT 09 RW 02

Menurut Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat Ika Unair Sidoarjo Izzatul Aini, dipilihnya Kelurahan Lemahputro karena kawasan ini merupakan Ring 1. Nantinya diharapkan bisa menjadi proyek percontohan untuk mengatasi stunting.

“Kita berupaya menyentuh dulu warga di sini yang dekat dengan pusat perkotaan. Salah satu upaya kami adalah pemberian makanan tambahan (PMT) kepada balita,” ungkapnya.

PMT ini bukan sembarang makanan. Tapi berupa makanan yang bergizi, sehat, dan diolah secara higienis. Sesuai dengan kebutuhan dan asupan balita sehari-hari.

Sedangkan bagi para ibu yang memiliki balita mendapatkan penyuluhan kesehatan dari dokter Berlian Anik Herlina mengenai makanan yang sehat dan tepat saat hamil maupun menyusui. “Saat hamil banyak makanan bergizi seperti daging dan sayur. Juga harus sering kontrol kehamilan di posyandu atau puskesmas terdekat,” jelas Berlian Anik Herlina.

Baca Juga  Program Rumah Sehat Narkoba Polsek Bonai Darussalam, Terobosan IPTU Suheri Sitorus Layak Dicontoh

Warga juga mendapat pemeriksaan gratis dari Laboratorium Klinik Prodia berupa pemeriksaan gratis kolesterol atau asam urat. Warga cukup menyertakan foto kopi KTP saja untuk pemeriksaan dari Prodia ini.

Pos terkait