Antisipasi Virus PMK Polsek Slahung Gelar Patroli Sasar Peternak Sapi

Kapolsek Slahung AKP Hariyono bersama anggota melakukan patroli dan edukasi virus PMK 

Beritatrends, Ponorogo – Maraknya virus penyakit mulut dan kuku (PMK) di wilayah Provinsi Jatim, membuat jajaran Kepolisian Polres Ponorogo bergerak cepat dengan melakukan patroli terpadu di tingkat kecamatan dan sentra-sentra peternak sapi di wilayah Kabupaten Ponorogo.

Seperti yang lakukan Kapolsek Slahung AKP Hariyono, S.H. bersama Bhabinkamtibmas melaksanakan patroli dan sosialisasi kepada para peternak hewan di wilayah Kecamatan Slahung.

“Menindak lanjuti perintah pimpinan dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus PMK maka kami melakukan patroli ke desa desa khususnya kepada para peternak sapi, kerbau, kambing dan domba yang ada di wilayah Kecamatan Slahung, “kata Kapolsek Slahung AKP Hariyono, Rabu (11/05).

AKP Hariyono menambahkan bahwa PMK atau dikenal juga sebagai Foot and Mouth Disease (FMD) dan Apthtae Epizooticae adalah penyakit hewan menular bersifat akut yang disebabkan virus.

“Virus PMK ini dapat menyebar dengan sangat cepat mengikuti arus transportasi daging dan ternak terinfeksi. Hewan yang rentan tertular adalah sapi, kerbau, kambing dan domba. Sedangkan cara penularannya adalah ketika kontak langsung/tidak langsung dengan hewan penderita dan bisa juga tersebar melalui angin, “imbuhnya.

Lebih lanjut AKP Hariyono mengatakan, pihaknya juga menghimbau dan mengedukasi para peternak yang disambangi terkait penanganan hewan ternak yang terkena virus PMK.

“Jika hewan ternaknya muncul air liur berlebihan serta timbul luka di rongga mulut lidah maupun kuku dan kehilangan nafsu makan itu merupakan ciri ciri hewan tersebut terjangkit PMK. Maka kami himbau untuk tenang dan memisahkan ternak yang sakit atau suspek PMK selanjutnya berkoordinasi dengan dinas peternakan untuk di berikan obat. Alhamdulillah setelah melaksanakan patroli dan memantau langsung hewan milik peternak tidak ditemukan adanya penyeberan virus PMK di wilayah Kec. Slahung, “pungkasnya.

Pos terkait