Bakesbangpol Magetan Beri Pendidikan Politik Pada Purnawirawan TNI-Polri

Pendidikan Politik Pada Purnawirawan TNI-Polri

Beritatrends, Magetan – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan, melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) menggelar kegiatan Sosialisasi Pendidikan Politik.

Kegiatan dengan tema “Meningkatkan partisipasi purnawirawan TNI-Polri dalam mensukseskan Pilkada Magetan 2024” ini ditujukan khusus bagi purnawirawan TNI dan Polri di Kabupaten Magetan.

Acara yang dilaksanakan pada Kamis (23/7/2023) di Rumah Makan Harmadha Joglo Magetan tersebut dihadiri oleh Penjabat (PJ) Bupati Magetan Hergunadi, perwakilan Polres Magetan, perwakilan Kodim Magetan, Plh Kepala Bakesbangpol Benny Adrian, serta 100 peserta purnawirawan.

Kegiatan ini juga diisi oleh Rhichy Kurnia Putra, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Magetan.

Sosialisasi ini bertujuan untuk menambah pemahaman para purnawirawan TNI-Polri tentang pelaksanaan Pilkada serta meningkatkan partisipasi mereka dalam proses demokrasi.

Dalam sambutannya, Plh Kepala Bakesbangpol Magetan Benny Adrian menekankan pentingnya pendidikan politik bagi seluruh lapisan masyarakat, termasuk purnawirawan.

“Pemerintah berkewajiban memberikan fasilitas terhadap proses pendidikan politik kepada seluruh masyarakat melalui program-programnya sebagai upaya perbaikan paradigma masyarakat terhadap politik,” ujarnya.

Benny yang juga merupakan asisten I Pemkab Magetan itu, berharap agar purnawirawan dapat aktif berpartisipasi dan mendidik masyarakat dalam berdemokrasi.

PJ Bupati Magetan Hergunadi menjelaskan bahwa sosialisasi pendidikan politik ini merupakan bagian dari persiapan penyelenggaraan Pilkada serentak 2024.

“Kita berharap ada masukan dari purnawirawan yang sudah berpengalaman untuk ikut serta meningkatkan partisipasi pemilih,” kata Hergunadi.

Ia menekankan pentingnya peran purnawirawan dalam mensukseskan Pemilu dan Pilkada secara damai dan berkualitas.

Hergunadi juga mengingatkan bahwa meskipun purnawirawan kini memiliki hak untuk berpolitik, mereka harus tetap menjaga netralitas dan mendidik masyarakat agar berdemokrasi dengan baik.

Baca Juga  Pramuscab Usung Sastroy Bangun Jadi Ketua PKB Kabupaten Karo

“Saat ini, Bapak/Ibu sudah purnawirawan, yang mana dulu waktu masih aktif dinas netral dan tidak diperbolehkan berpolitik. Sekarang, sudah purnawirawan berhak ikut serta dalam memilih dan mendukung pimpinan atau wakil yang akan dipilih,” terangnya.

Acara sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan partisipasi politik para purnawirawan, sehingga mereka dapat berperan aktif dalam mensukseskan Pilkada serentak 2024.

Pos terkait