Jadi Rumah Sakit Tipe C, RSUD Dolopo Bangun Aneka Sarpras dan Lengkapi Alkes

GEDUNG UTAMA—Inilah gedung utama RSUD Dolopo yang dibangun untuk memberikan pelayanan yang memadai bagi pasien dan warga Kabupaten Madiun.

Beritatrends, Madiun – Rumah Sakit Umum Dareah (RSUD) Dolopo diarahkan menjadi rumah sakit tipe C untuk pelayanan masyarakat di wilayah selatan Kabupaten Madiun. Untuk mewujudkan hal tersebut, manajemen RSUD Dolopo membangun aneka sarana, prasarana hingga perlengkapan alat-alat kesehatan.

Direktur RSUD Dolopo, dr. Purnomo Hadi menyatakan pihaknya terus mengupayakan untuk mencukupi sarana dan prasarana hingga alat-alat kesehatan untuk mewujudkan sebagai rumah sakit tipe C.

”RSUD Dolopo diarahkan menjadi rumah sakit tipe c untuk pelayanan di Kabupaten Madiun wilayah selatan. Jadi kami memiliki master plane atau progres untuk mencukup sarana dan prasarana RSUD Dolopo,” ujar Purnomo, Jumat (29/12/2023).

Untuk membangun sarpras dan pengadaan alkes, kata Purnomo, RSUD Dolopo mendapat kucuran anggaran dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Anggaran diantaranya pembebasan tanah sebesar Rp 21 milyar, pembangunan gedung senilai Rp 11 milyar yang bersumber dari dana alokasi khusu dan DBHCHT.

”Dan dana cukup besar dari anggaran BLDU itu sekitar Rp 150 milyar. Dan Insyallah tahun depan kami mendapat anggaran aspirasi dari DPR RI sebesar Rp 27 milyar. Itulah bentuk usaha kita semua dari berbagai sumber anggaran, DPR RI, DPRD dan dan pemerintah pusat,” jelas Purnomo.

Untuk tenaga kesehatan, jelas Purnomo, saat ini RSUD Dolopo sudah memiliki 14 dokter spesialis. Kendati demikian, RSUD Dolopo harus berkecukupan penunjang pelayanan dan juga rawat inapnya.

”Dan alhamdulillah di tahun depan ini kita akan menempati gedung yang baru total 320 tempat tidur. Itupun masih pemenuhan standar baru sekitar 90 persen,”kata Purnomo.

Ia menambahkan RSUD Dolopo pada tahun 2024 akan membagun gedung bersalin rawat gabung. Kehadiran gedung itu agar anak-anak bayi setelah lahir dapat bergabung dengan ibunya.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan membangun gedung campuran untuk pasien tht, mata, kulit hingga saraf. Selain itu direncanakan membangun ruangan gizi, kamar jenazah dan fasum RSUD Dolopo.

Bangun Paviliun Untuk memberikan pelayanan yang nyaman, manajemen RSUD Dolopo akan membangun gedung perawatan paviliun. Gedung itu rencananya akan menghadirkan pemandangan langsung Gunung Wilis.

Tak sekedar bangun gedung, sarana, alkes hingga sumber daya manusia yang profesional juga disiapkan untuk menunjang pelayanan paviliun.

“Kami terpikir membangun paviliun untuk pelayanan masyarakat warga Madiun sekitarnya seperti Magetan dan Ponorogo. Paviliun itu nanti akan menghadirkan view Gunung Wilis sehingga orang yang dirawat akan nyaman karena kesannya hijau ditambah standar pelayanan yang profesional,” ungkap Purnomo.

Selain itu, manajemen RSUD Dolopo akan membuat unit Hemodialisa untuk pelayanan pasien gagal ginjal. Terlebih saat ini banyak pasien gagal ginjal berasal dari Magetan dan Ponorogo.

”Dengan berbagai sarana, prasarana dan alkes itu maka tahun 2025 RSDU Dolopo sudah terpenuhi sarpras termasuk bangunan dan alkesnya dan sesuai standar sudah dipenuhi,” demikian Purnomo.

Pos terkait