Kemenag Magetan Launching Kampung Zakat Desa Banjarejo

Kampung Zakat Desa Banjarejo

Beritatrends, Magetan – Dalam rangka mengangkat perekonomian masyarakat Desa Banjarejo, Kecamatan Ngariboyo, Magetan, telah launching “Kampung Zakat”, yang merupakan inisiasi dari Kementerian Agama (Kemenag), bertempat di Kantor Kepala Desa Banjarejo, Rabu (18/1/2023).

Menurut Muttakin, Kepala Kemenag Magetan, menyatakan bahwa Kampung Zakat Desa Banjarejo sebenarnya telah diresmikan sejak tahun 2017 oleh Kemenag Pusat. Sehingga dalam hal ini merupakan program lanjutan yang bertujuan sebagai bentuk sinergi antara Pemerintah, BAZNAS, dan Kemenag Magetan bersama dengan masyarakat.

“Adanya launching Kampung Zakat bukan berarti setelah ini selesai. Diharapkan adanya keberlanjutan kegiatan, minimal pemberdayaan bersama lembaga amil zakat lainnya. Syukur-syukur ke depan bisa mendapat hasil yang memuaskan untuk mengangkat perekonomian, khususnya warga Desa Banjarejo,” ujar Muttakin.

Sementara itu, Bupati Suprawoto yang dalam hal ini hadir untuk melakukan launching, memberikan apresiasi terhadap Desa Banjarejo yang telah bersedia sebagai pilot project. “Mudah-mudahan ini adalah start yang mulia dan kemuliaan Desa Banjarejo juga akan terwujud,” ungkapnya.

Adanya Kampung Zakat tersebut tentu disambut optimis oleh Bupati. Pasalnya, dengan mayoritas masyarakat yang beragama Islam, maka hal tersebut dinilai potensi yang luar biasa untuk pengumpulan zakat. “Ini potensi yang luar biasa. Kalau potensinya bisa dimaksimalkan, saya yakin masalah sosial bisa dibackup, baik dari lembaga resmi pemerintah seperti BAZNAS, maupun lembaga lain yang telah terakreditasi oleh Kemeterian Agama,” kata Bupati.

Lebih lanjut, sebagai badan amil zakat, Ketua BAZNAS Magetan, KH. Sumarno Abdul Azis, juga berpesan agar kampung zakat tidak dikonotasikan sebagai kampung yang terbelakang atau hanya siap menerima bantuan. “Justru hal ini menunjukkan bahwa betapa mulianya Desa Banjarejo, sehingga sebagai yang ditunjuk tentu harus bisa mengakomodir orang-orang yang akan berzakat, sekaligus menginvetarisir orang-orang yang akan menerimanya kelak,” terangnya.

Rasa terima kasih pun juga tak henti-hentinya disampaikan oleh Jumiran selaku Kepala Desa Banjarejo atas kepercayaannya ditunjuk sebagai Kampung Zakat. “Mudah-mudahan dengan ditunjuknya sebagai Kampung Zakat, kami dan pengurus bisa amanah dan akhirnya juga bisa bermanfaat untuk masyarakat Desa Banjarejo,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan sebanyak 173 paket sembako bagi warga Banjarejo, diantaranya bagi para lansia, disabilitas, anak stunting, janda miskin produktif, dan KK miskin produktif. Selain itu launching Kampung Zakat Desa Banjarejo juga bersamaan dengan HUT BAZNAS Ke-22 Tahun.

Pos terkait