Komisi 1 DPRD Kabupaten Blitar Gelar Rapat Kerja dengan KPU dan OPD Terkait

Rapat Kerja dengan KPU dan OPD Terkait

Beritatrends, Blitar – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blitar menggelar Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar dan berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Raker ini diadakan dengan tujuan untuk membahas persiapan pemilu yang akan datang, serta mengatasi berbagai kendala yang mungkin muncul, Jumat 03/11/2023.

Sekretaris Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Blitar, Panoto, menyatakan pentingnya kolaborasi erat antara DPRD, KPU, dan OPD terkait untuk menjamin terselenggaranya pemilu yang adil, transparan, dan demokratis. Ia mengungkapkan, “Pemilu adalah inti dari demokrasi kita. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk bekerja sama dengan KPU dan semua instansi terkait guna memastikan kelancaran proses pemilu di Kabupaten Blitar,” kata Panoto.

Wakil Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Blitar, dalam penjelasannya, menyoroti berbagai aspek persiapan pemilu, termasuk pemutakhiran data pemilih, pengadaan logistik, sosialisasi pemilu, serta peningkatan partisipasi pemilih. Dia juga menekankan perlunya mengatasi masalah potensial seperti gerrymandering dan pemilu yang bebas dari pelanggaran,”ujarnya.

Ketua KPU Kabupaten Blitar Hadi, dalam penyampaiannya, menyambut baik inisiatif Komisi 1 DPRD untuk bekerjasama dalam persiapan pemilu. Ia menegaskan komitmen KPU untuk melaksanakan pemilu yang bersih dan transparan. “Kami akan menjalankan tugas kami sesuai dengan peraturan dan aturan yang berlaku, dan kami berharap kerjasama yang baik dengan DPRD dan semua pihak terkait dalam upaya menyelenggarakan pemilu yang sukses,” ungkap Ketua KPU.

Raker ini juga merupakan forum untuk mendengarkan masukan dari seluruh pihak yang hadir, termasuk anggota DPRD, KPU, dan OPD terkait, dalam rangka menyempurnakan persiapan pemilu. Diskusi mendalam tentang berbagai isu terkait pemilu, seperti peningkatan partisipasi pemilih muda, keterbukaan data pemilu, serta peran pengawas pemilu, menjadi fokus utama dalam pertemuan tersebut.

Baca Juga  Rapat Paripurna DPRD Magetan Tahun 2022 Tanggapan atau Jawaban Bupati terhadap Pandangan Umum Fraksi-Fraksi atas 2 Raperda Berasal Dari Bupati

Melalui kolaborasi yang erat antara Komisi 1 DPRD Kabupaten Blitar, KPU Kabupaten Blitar, dan berbagai OPD terkait, diharapkan bahwa pemilu di Kabupaten Blitar akan berlangsung dengan sukses dan memberikan hasil yang sesuai dengan kehendak rakyat. Raker ini merupakan langkah awal dalam rangka memastikan proses pemilu berjalan dengan baik dan menciptakan lingkungan yang kondusif bagi demokrasi lokal yang sehat dan kuat,” pungkas Hadi.

Pos terkait