Milad Ke-2 Komunitas Gagrak Magetan, Gelar Kirab Agung dan Arena Gagrak

Beritatrends, Magetan – Reyog merupakan salah satu kesenian tradisional yang berasal dari Jawa Timur bagian barat laut, tepatnya Kabupaten Ponorogo.

Ternyata, kesenian Reyog Ponorogo ini juga berkembang pesat di Kabupaten Magetan. Hal itu dibuktikan dengan tumbuhnya seniman dan puluhan komunitas Reyog di Magetan.

Dari sekian banyak pelestari seni reyog di Magetan, salah satunya adalah Komunitas Reyog Gagrak Magetan.

Komunitas ini beberapa waktu lalu juga tampil di ajang Festival Reyog Nasional 2022 dalam rangka Grebeg Suro Ponorogo.

Di hari miladnya yang kedua, komunitas Gagrak Magetan mengelar kirab agung gagrak reyog, Sabtu (20/5/2023).

Iring-iringan kirab gagrak diberangkat dari rumah sesepuh Seni Reog Gagrak Magetan di Desa Candirejo, Kecamatan Magetan, dengan menampilkan 14 dadak merak menuju arena gagrak di lapangan Candirejo.

Ketua Komunitas Reyog Gagrak Magetan, Agus mengatakan, kirab agung memiliki makna yang harus diketahui oleh masyarakat Magetan.

“Kirab Agung ini ditandai dengan kirab barongan lawas atau kuno yang ada di Magetan agar masyarakat tahu jika seni reog ini sudah ada sejak dulu. Barongan lawas itu sendiri dibuat tahun 1942 dan ada 10 barongan yang dimiliki Komunitas Seni Reyog Gagrak Magetan,” ujarnya.

Agus menambahkan, kirab agung di gelar untuk menandai 2 tahun berdirinya Komunitas Seni Reog Ponorogo gagrak Magetan, yang merupakan wadah bagi berkumpulnya para pecinta reyog di Magetan.

“Anggotanya saat ini ada sekitar 100 orang dari 16 paguyuban seni reyog di Magetan,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Bupati Magetan, Suprawoto, dan Kapolres Magetan AKBP Muhammad Ridwan.

Selain acara kirab agung, rangkaian acara ulang tahun ke-2 Komunitas Seni Reyog Ponorogo Gagrak Magetan juga di meriahkan penampilan seni reyog dari para senior atau sesepuh di dalam arena gagrak.

Baca Juga  Kapolresta Deli Serdang : Mari kita Bekerja Sama Dalam Mensukseskan Pemilu Tahun 2024

Pos terkait