Pastikan Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024, Polres Magetan Gladi Lapang Sispamkota

Petugas saat memperagakan pengamanan situasi chaos Pemilu dalam acara Gladi Lapang Sispamkota 2023

Beritatrends, Magetan – Terhitung empat bulan jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Polres Magetan menggelar Simulasi Pengamanan Kota (Sispamkota) di Gor Ki Mageti, Jumat (13/10/2023).

Simulasi ini untuk memastikan kesiapan seluruh unsur pengamanan, baik dari TNI, POLRI, serta dinas terkait dalam menjamin keamanan dan kelancaran di berbagai tahapan pemilu.

Tak kurang dari 772 personil dilibatkan dalam gladi lapang tersebut. Tampak para personil memperagakan berbagai kegiatan patroli, pengawalan, hingga sterilisasi dan penyisiran lokasi kampanye.

Bahkan juga digambarkan situasi chaos dari massa secara besar-besaran yang tengah melakukan aksi protes anarkis. Petugas pun memperagakan upaya pembubaran massa mulai dari mengerahkan tim negosiator hingga dilakukan penembakan dengan water canon.

Pj.Bupati Magetan Hergunadi mengatakan, adanya gladi lapang Sispamkota adalah untuk mengantisipasi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam proses gelaran pesta demokrasi mendatang.

“Meskipun pelaksanaan Pemilu dilaksanakan sesuai dengan aturan, tapi yang namanya massa apabila terjadi kegiatan yang tidak diinginkan dapat diantisipasi secara maksimal dengan adanya gladi ini,” terangnya.

Menurutnya, adanya Sispamkota telah menunjukkan kesiapan para petugas keamanan, sehingga masyarakat akan merasa lebih aman dan percaya ketika menyalurkan hak suaranya di Pemilu 2024.

“Selain petugas keamanan, masing-masing kontestan dan peserta Pemilu juga diharapkan menjaga sportivitas dan tidak perlu melakukan pengrusakan agar bisa berjalan dengan kondusif,” pesan Hergunadi.

Sementara itu, Kapolres Magetan AKBP Muhammad Ridwan memaparkan, dari hasil evaluasi pelaksanaan Pemilu pada tahun 2019 lalu, tingkat kerawanan di wilayah Magetan menunjukkan hasil yang kurang.

Meski begitu, hal ini tak membuat pihaknya lengah. Kapolres memastikan akan terus berupaya mengantisipasi berbagai kemungkinan konflik yang akan terjadi nantinya.

Baca Juga  Pengurus SMSI Kabupaten Magetan Resmi Dilantik

“Namanya pemilihan demokrasi pasti ada konflik-konflik yang harus diantisipasi. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini menunjukkan bahwa kami Polres Magetan beserta TNI maupun stakeholder Pemkab Magetan siap mengamankan Pemilu 2024,” tegas Kapolres.

Pihaknya juga berharap agar seluruh unsur masyarakat dapat mendukung proses pelaksanaan pesta demokrasi 2024, agar dapat mewujudkan Pemilu yang aman, damai, dan sejuk.

Pos terkait