Kapolda Sumut Luncurkan Aplikasi Silabfor Presisi

 

Kapolada Sumut Luncurkan Aplikasi Silabfor Presisi

Beritatrends, Medan – Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. R. Z. Panca Putra S, M.Si membuka kegiatan Coaching Clinic serta Launching Aplikasi Silabfor Presisi, bertempat di Aula Catur Prasetya Polda Sumut, Selasa (14/06)

Hadir dalam kegiatan tersebut Kabid Labfor Kombes Pol Teguh Yuswardhie Dan jajaran Bid Labfor Polda Sumut, para Pejabat Utama Polda Sumut, Kasat Reskrim dan Kasatres Narkoba Jajaran, POM TNI serta perwakilan BNNP dan BPOM

Laboratorium forensik merupakan Satuan kerja untuk mendukung Hukum acara pidana maupun peradilan militer Karena hasil labfor dapat dijadikan dasar dalam proses HK pidana atau Hukum militer, sesuai pasal 1 ayat 2 (Point 2) untuk mumbuat Terang suatu tindak pidana

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Sumut menyampaikan kegiatan Coaching Clinic ini digelar agar para peserta memahami dan mampu menyelesaikan diri pada perkembangan ilmu dan teknologi khususnya para pemeriksa/penyidik dalam melaksanakan tugas penyidikan.

“Salah satu dukungan ahli yang dibentuk dan sudah ada pada saat ini adalah Laboratorium Forensik dan ini sudah diakui didalam KUHAP”, ujar Panca

Panca mengatakan dalam pelaksanaan tugasnya, Bidlabfor Polda Sumut memiliki 6 tugas pokok dan fungsi yaitu pemeriksaan teknis TKP, pemeriksaan laboratorium barang bukti, pembinaan dan pengembangan SDM, pengembangan aplikasi ilmu forensik, pembinaan teknis fungsi labfor dan pelayanan umum fungsi labfor pada masyarakat.

“Labfor menjadi alat Bukti yg harus dimiliki dan dipakai dalam setiap penyidikan,” lanjut panca

Orang nomor satu di Polda Sumut ini juga mengucapkan terimakasih kepada Kabidlabfor Polda Sumut yang sudah melaunching aplikasi Silabfor Presisi, diharapkan kedepannya akan terus berguna dalam memudahkan tugas pemeriksa/penyidik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kejahatan Setiap saat berkembang, kita tidak boleh kalah dalam pembuktian TP yang terjadi, melalui Aplikasi silabfor presisi menjadi moment untuk Kecepatan menangani perkara, tindaklnjuti aplikasi ini secara simultan agar memiliki manfaat berkesinambungan,” pungkas Kapolda.

Pos terkait