Peringati HUT ke-79 TNI, Upacara Khidmat Digelar di Alun-Alun Magetan

Beritatrends, Magetan – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI), upacara khidmat digelar di Alun-Alun Magetan, Sabtu (05/10/2024).

Acara ini dihadiri oleh Forkopimda setempat, prajurit TNI Angkatan Darat dan Angkatan Udara, serta unsur Polri, Dishub, BPBD, ASN, dan IPSI.

Sementara Komandan Kodim (Dandim) 0804/Magetan, Letkol Inf Hasan Dasuki, bertindak sebagai inspektur upacara.

Dandim membacakan amanat Panglima TNI yang menekankan pentingnya peran TNI dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Tema peringatan HUT TNI kali ini adalah ‘TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju’. Tema ini mencerminkan cita-cita TNI sebagai prajurit yang profesional, responsif, integratif, dan adaptif dalam menghadapi berbagai tantangan,” ujarnya.

Dalam amanatnya, pihaknya juga menyoroti perubahan lingkungan strategis yang terus berkembang.

“Perubahan ini tidak hanya menciptakan metode peperangan baru, tetapi juga membawa dampak disruptif di berbagai bidang,” ungkapnya.

Letkol Hasan menambahkan bahwa TNI harus selalu siap menghadapi berbagai tantangan yang muncul akibat perubahan ini dan perlu memiliki sumber daya manusia yang inovatif dan profesional.

Dandim juga menekankan pentingnya kemanunggalan antara TNI dan rakyat. “Setiap prajurit dituntut untuk mengedepankan kepentingan rakyat di atas kepentingan pribadi,” ujar Letkol Inf Hasan.

Ia menekankan bahwa setiap tindakan prajurit harus mencerminkan nilai-nilai luhur TNI sebagai tentara rakyat dan pelindung bangsa.

Menyusul pelaksanaan Pilkada Serentak yang sedang berlangsung,
Dandim Magetan mengingatkan semua prajurit untuk menjaga netralitas dan bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam menghadapi berbagai tantangan, termasuk penanggulangan bencana dan mengatasi kesulitan yang dihadapi masyarakat.

Di akhir amanat, Letkol Inf Hasan menyampaikan rasa hormat dan apresiasi kepada seluruh prajurit TNI atas dedikasi dan integritas mereka dalam menjalankan tugas.

Baca Juga  Peringati Hari Jadi, Pj Gubernur Jatim Ziarah ke Makam Gubernur Soerjo di Magetan

“TNI terus mendapatkan kepercayaan dan tempat di hati rakyat Indonesia. Namun, kita harus terus berbenah agar TNI tetap menjadi penjaga kedaulatan bangsa,” tegasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *